Wednesday 26 August 2015

Perawatam CPU komputer

Perawatan CPU komputer , menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap pemilik komputer. CPU komputer, bisa dikatakan pusat sistem operasi atau dapat diibaratkan sebagai otak karena kinerja komputer berpusat dari pengoperasian didalam CPU tersebut. Untuk menjaga keawetanya memang harus dilakukan perawatan secara baik. Bagi pemilik komputer yang tidak mengetahui cara perawatannya mungkin akan berfikir sulit dalam melakukan perawatan CPU. Namun, pada dasarnya perawatan CPU itu mudah hanya saja ketika seseorang belum mengetahui langkah – langkah akan merasa sulit. Setiap pemilik komputer memang sudah seharusnya mengetahui tentang bagaimana cara merawat komputer dengan baik sehingga merek bisa mengoperasikannya secara maksimal desuai dengan kebutuhan.
Untuk meningkatkan kinerja komputer anda harus megetahui tentang bagaimana cara perawatan CPU komputer berikut ini. Dengan penjelasan inilah anda akan lebih mudah untuk menjaga keawetan CPU sehingga komputer akan memiliki kinerja maksimal.
  1. Hubungkan CPU dengan Stavolt atau UPS, ini bertujuan untuk mengontrol tegangan pada komputer. Sehingga ketika sewaktu – waktu terjadi pemadaman CPU anda akan tetap aman dan terlindungi.
  2. Jaga kebersihan CPU, ketika sudah tidak digunakan maka tutupilah CPU dengan menggunakan kain tipis. Ini bertujuan untuk mencegha masuknya debu kedalam CPU sehingga akan menyebabkan komponen menjadi terganggu dalam sistem pengoperasiannya.
  3. Lakukan pembersihan CPU 6 bulan sekali, dengan membersihkan CPU secara baik anda bisa mendapatkan kinerja komputer yang maksimal. Cara pembersihannya mudah tinggal membuka CPU kemudian bersihkan debu yang menempel didalam CPU tersebut.
  4. Pasang pendingin jika memungkinkan, AC atau pendingin bisa dipasang pada tempat anda meletakkan CPU.
Beberapa perawatan yang dijelaskan diatas akan memudahkan anda dalam menjaga keawetan CPU. Dalam proses pembersihannya anda perlu membersikan power suplly, hardisk, dan motherboard. Jika kedua perangkat ini kotor bisa menyebabkan CPU mudah panas dan akhirnya akan mengalami kerusakan. Untuk hardisk bisa dibersihkan dengan disk cleaner khusus supaya lebih sempurna. Jangan menaruh cairan diatas CPU karena jika sampai tumpah kedalam CPU kerusakan bisa terjadi. Hal ini disebabkan oleh komponen yang terdapat didalam CPU tidak akan berfungsi dengan baik jika sampai terkena cairan. Untuk itu jauhkan minuman dari meja komputer anda supaya tidak mengenai CPU. Dalam meletakkan CPU sebaiknya gunakan jarak 30 cm dari dinding untuk mengurangi efek panas saat CPU beroperasi. Lakukan beberapa langkah mudah dalam perawatan CPU komputer diatas supaya CPU anda tetap awet.

No comments:

Post a Comment

Pengertian VoIP

Pengertian  VoIP  ( Voice over Internet Protocol ) Voice over Internet Protocol  adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bi...